Cara mengetahui Spesifikasi dari komputer menggunakan Windows

Cara mengetahui Spesifikasi dari komputer menggunakan Windows - Untuk mengetahui spesifikasi hardware-hardware yang terpasang pada laptop maupun komputer menggunakan Seri Windows berapa pun sangat mudah. Cara paling mudah dengan tidak menggunakan program aplikasi lain tentunya.

Spesifikasi komputer mengacu pada hardware yang terinstal pada komputer yang anda gunakan. Dengan mengetahui Spesifikasi komputer anda mampu mendeteksi kelebihan serta kekurangan komputer anda.

Sebagai contoh, anda menjalankan Program Vidio Editing semisal Premier Pro. Premier Pro membutuhkan RAM serta VGA dengan spec high. Premier Pro anda berjalan lambat. Dengan mengetahui spec komputer anda dapat menarik kesimpulan untuk mengupgrade beberapa komponene tersebut.

Ada 3 Cara Mudah untuk mengetahui Spesifikasi dari komputer menggunakan Windows bawaan. Berikut langkah-langkahnya :

3 Cara mengetahui Spesifikasi dari komputer menggunakan Windows

1. Menggunakan DirectX Diagnostic Tools (dxdiag)
DirectX Diagnostic Tools (dxdiag)
Tool/aplikas bawaan windows yang menampilkan informasi spesifikasi secara ringkas tentang semua Hardware (Components) dan Driver yang terinstall pada perangkat komputer.

Melalui DirectX Diagnostic Tools (dxdiag), kita dapat melihat Spesifikasi Prosesor, RAM dan Display Memory yang kita punya. Kita juga dapat melakukan sedikit test pada komponen VGA dan Soud

Untuk membuka DirectX Diagnostic Tools (dxdiag) ini berikut caranya :

    Tekan bersamaan Windows dan Huruf R
    Ketik dxdiag enter
    Yes


2. Menggunakan Propertis My Computer
Cara kedua adalah menggunakan Propertis di My Computer. Selain dengan Klik Kanan My Computer Propertis anda juga bisa membuka jendela Spesifikasi dari komputer dengan masuk ke Control Panel\System and Security\System


3. Menggunakan RUN msinfo32

Cara ke 3 lebih lengkap, yakni menggunakan msinfo32. msinfo32 mampu menampilkan mulai dari BIOS, Prosesor, RAM, VGA, Hardisk, dan hampir keseluruhan perangkat yang terkoneksi dengan komputer tersebut.

Untuk mengaksesnya ikut langkah berikut :

    Tekan bersamaan Windows dan Huruf R
    Ketik msinfo32 enter
    Done

Nah itulah 3 cara mudah untuk mengetahui Spesifikasi dari komputer menggunakan Windows tanpa instal aplikasi seperti CPU Z atau yanglainya.
,
----------------------